Wednesday

Google Adsense Tutorial

Google Adsense untuk Pemula, Banyak pengguna internet khususnya di Indonesia belum mengetahui bahwa mesin pencari Google yang selama ini sering dipakai untuk mencari informasi ternyata bisa memberikan peluang bisnis yang berpotensi memberikan pemasukan uang tidak terbatas. Kok bisa? Ya, bisa. Karena google mempunyai program memberikan peluang bagi pemilik situs/web/blog untuk memajang iklan dari google atau populernya disebut Googel Adsense. Intinya Google dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh pendapatan duit dari internet.

Apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan program layanan iklan yang disediakan oleh Google. Dalam program iklan ini, Google akan membayar kepada pemilik web atau blog yang menayangkan iklan dari google berdasarkan jumlah pengunjung yang meng-klik iklan dengan suatu perhitungan tertentu, misal US$0,1 perklik iklan. Iklan google ini bisa anda lihat pada sisi atas atau sisi kanan ketika anda melakukan pencarian dengan mesin google, atau bisa juga dilihat di berbagai situs yang telah memajang iklan google seperti di blog PhonesZoom.com

Iklan dari google adsense ini ditampilkan berdasarkan seleksi sesuai dengan halaman situs atau blog yang mempunyai relevansi. Misalnya blog tentang handphone, maka iklan yang ditampilkan adalah yang ada relevansinya dengan phone. Atau web tentang PSP maka iklan yang tampil adalah yang ada kaitannya dengan PSP, misalnya game psp, theme psp atau walpapers.

Cara Mendaftar di Google Adsense.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buatlah sebuah situs web/blog, jika belum memiliki situs web, Anda dapat membuatnya menggunakan Blogger , wordpress atau Google Page Creator (hanya dalam bahasa Inggris). Lalu daftar disini.

2. Pelajari kebijakan program AdSense dan kiat agar permohonan berhasil.

3. Lengkapilah permohonan.

4. Bila menerima email dari Team Google, ajukan permohonan Anda untuk ditinjau dengan mengklik link tautan untuk memverifikasikan alamat email.

5. Tunggu sampai Anda menerima email dari Team Google tentang status permohonan.

Cara memastikan bahwa permohonan akan disetujui.

Untuk menghindari kegagalan dalam mengajukan permohonan pada Google AdSense, secara umum perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

* Nama Penerima Pembayaran/Kontak harus lengkap dan jelas, karena nama ini akan tercantum pada cek saat pembayaran komisi. Permohonan AdSense dengan nama yang tidak lengkap tidak akan disetujui. Untuk acc bisnis, masukkan nama organisasi atau perusahaan pada bagian “Nama Penerima Pembayaran” kemudian masukkan nama orang dalam organisasi atau perusahaan Anda yang mengelola situs web di bidang “Nama Kontak”
* Berikan alamat lengkap dengan menyertakan informasi selengkap mungkin, antara lain:
o Alamat Jalan (mencakup nomor rumah, nomor/nama jalan, nomor rusun/apartemen)
o Kota
o Provinsi
o Kode Pos
o Negara
* Alamat email harus benar karena akan menjadi username pada saat login/masuk ke AdSense. Anda juga akan menerima semua pemberitahuan tentang Acc AdSense di alamat email ini, diawali dengan pesan verifikasi email. Karena itu, pastikan bahwa Anda masukkan alamat valid yang dapat menerima email. Jika alamat email yang salah, maka Anda harus mengajukan permohonan ulang menggunakan alamat email yang diinginkan.
* Agar permohonan disetujui, situs web/blog harus telah diluncurkan dan berisi konten teks yang memadai untuk dievaluasi oleh Team Google. Situs Web yang masih dalam proses pembuatan, belum lengkap, tidak terbuka, atau memiliki link yang tidak berfungsi, tidak akan disetujui. Pastikan bahwa URL pada permohonan Anda telah dimasukkan dengan benar.
* Kepemilikan Domain. Anda harus memiliki akses untuk mengedit kode sumber HTML situs web yang diajukan untuk AdSense. Jika mengirim situs yang bukan milik Anda (misalnya, www.bisnis247.com), Anda tidak dapat menempatkan kode AdSense di situs dan permohonan tidak akan disetujui.
* Saat ini, Google AdSense belum tersedia untuk semua bahasa. Jika bahasa utama situs web Anda tidak muncul dalam daftar bahasa yang didukung, maka permohonan Anda tidak akan disetujui. Untuk bahasa Indonesia, sampai saat ini belum tersedia untuk halaman adsense. Anda bisa saja menampilkan iklan di web yang berbahasa Indonesia, akan tetapi untuk pengajuan pertama agar diterima oleh google adalah bahasa Inggris atau bahasa yang telah disetujui google. Perlu diketahui juga bahwa menempatkan kode AdSense pada halaman dengan sebagian besar konten dalam bahasa yang tidak didukung tidak diperbolehkan oleh kebijakan program AdSense.
* Yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan tema pada web atau blog anda tidak bertentangan dengan ketentuan yang dipersyaratkan oleh google. Hindari situs atau blog yang berisi pornografi, hal-hal yang vulgar, SARA, kekerasan, dukungan terhadap seseorang atau kelompok tertentu, hacking/cracking, narkoba, perjudian, dan lain-lain yang bertentangan dengan kebijakan program adsense.
* Perlu saya ingatkan juga bahwa apabila permohonan anda telah disetujui, maka jangan sekali-kali anda meng-klik iklan yang muncul di web/blog anda, karena pasti akan ketahuan oleh Team Google, dan keanggotaan anda akan dihapus selamanya. Anda tidak bisa mendaftar lagi dengan nama dan alamat yang sama alias telah di blacklist oleh Google.

Artikel terkait



0 comments:

Post a Comment